Aplikasi Navigasi ‘Off-Line’ untuk Perangkat Android Anda

Posted: September 25, 2014 in Dokumentari, Elektronik, Jalan-Jalan, Oprek, Tips & Triks
Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Perlu arahan menuju suatu tempat dan kuota data sudah ‘tiris’ atau bahkan habis? Jangan khawatir, dengan sedikit ‘oprekan’, perangkat android Mas Bro dan Mbak Sis bisa menjadi alat navigasi.

Berbekal info dan link yang diberikan oleh teman-teman, kini ponsel android kmphlynx yang ala kadarnya sudah menjadi perangkat navigasi yang bisa beroperasi tanpa menggunakan koneksi data atau jaringan BTS.

Ada dua pilihan aplikasi yang disarankan, yaitu Navitel dan Sygic. Kelebihan Navitel, karena map data update-nya merupakan hasil kontribusi para penggunanya, point of interest (PoI)-nya lebih detil dibandingkan degan Sygic. Sementara kelebihan Sygic, selain tampilannya (yang menurut kmphlynx) menarik, pengoperasiannya boleh dibilang lebih user friendly.

image

Tampilan Sygic

image

Tampilan Navitel

Sejatinya kedua aplikasi ini bisa menggunakan koneksi data, namun bisa juga digunakan secara off-line. Koneksi data diperlukan jika kita membutuhkan informasi tentang kondisi lalu lintas yang up to date dan mengetahui keberadaan lokasi teman (yang menggunakan aplikasi yang sama) yang sedang ‘aktif’.

Kedua aplikasi tersebut makin asik digunakan jika perangkat yang digunakan memiliki magnetic field sensor. Pergerakan tampilan peta pada layar akan mengikuti ke mana perangkat menghadap arah mata angin. Jangan khawatir jika perangkat android Anda tidak memiliki sensor tersebut. Ketika berbelok, tampilan pada layar akan ikut menyesuaikan arah tujuan yang dituju.

Oya.., aplikasi ini bisa berjalan di semua model chip gps pada android, tidak hanya yang sudah menggunakan glonass gps. Bagi yang berminat, monggo telusuri link berikut ini…

Navitel dan petanya

Sygic

Catatan: untuk aplikasi Sygic, jika diminta password saat akan mengekstrak file, isi dengan “try”. (Gunakan huruf kecil dan hilangkan tanda petik)

Perlu diingat, aplikasi navigasi dan perangkat global positioning system hanya membantu kita untuk mengetahui posisi dan lokasi secara umum. Untuk keakuratan jika kita ingin menuju ke suatu tempat, prioritas kmphlynx adalah dengan menggunakan APPS…
Ask People/Police Positioning System
:mrgreen:

Semoga bermanfaat….πŸ˜‰

image

Penampakan Sygic pada ponsel SF andromax-i

Comments
  1. MazPed says:

    Lho… yg Sygic kok file folder bukan format apk ya.

    Gak mudeng blass

  2. Aa Ikhwan says:

    ajibπŸ˜€

  3. hadiyanta says:

    jossss

  4. ipanase says:

    androku rung ono gps e lekπŸ˜₯

  5. gilaroda2 says:

    navitel sama sygic lbh enteng mana masbro?

  6. […] yang baik itu pun mengambil secarik kertas dan menuliskan alamat kantor Pertamina Retail. Berbekal aplikasi GPS yang ter-install di ponsel, pencarian lokasi kantor Pertamina Retail pun jadi mudah. Tinggal ikuti […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s