RHQ-1

Posted: April 23, 2015 in Uncategorized

Pagi ini, 23 April 2015, external power implant telah berhasil dipasang pada unit RHQ-1. Robot mungil ini siap menjelajah bersama dan menemani anak di waktu luangnya dalam rangka mengakrabkan dirinya pada Al-Qur’an…. Mendekatkan dirinya pada Penciptanya, Allah…

Terinspirasi dari perangkat (gadget) yang kini sedang trend dan dibawa ke manapun kita pergi, bahkan dari bangun hingga menjelang tidur. Ditambah ada sisa barang penjualan di toko yang teronggok di pojok etalase. Dua alasan itu yang membuat benak terbesit untuk membuat sesuatu yang bisa dimanfaatkan anak untuk membantu dan menjaga hafalan Al-Qur’an.

RHQ-1 ini tak lain adalah sebuah mp3 player mungil berbentuk robot android yang pada masanya dulu sempat tenar dan membuat ‘celengan’ lumayan terisi. RHQ-1, pemberian nama terhadapnya bukan tanpa alasan… yang merupakan akronim dari Robot Hafizh Qur’an. Sementara angka 1 merupakan produk pertama di pagi yang sejuk ini.

image

RHQ-1 siap bertugas...

Tak ada yang istimewa, hanya perangkat pemutar file mp3 yang baterainya sudah dropped. Dengan sedikit modifikasi berupa penggantian unit internal battery-nya yang diganti dengan external battery. Kebetulan ada baterai ponsel model lawas yang sudah tidak ada peminatnya lagi lantaran generasi ponsel tersebut mungkin sudah punah:mrgreen: . Itulah yang dijadikan sumber daya bagi RHQ-1.

image

(Tampak samping) Seperti menggendong tas ransel

image

Bacpack external power:mrgreen:

Membuatnya sangat mudah. Cukup sediakan mp3 player yang sudah mati baterainya, kabel bekas charger ponsel yang sudah mati dan baterai ponsel yang sudah tidak terpakai namun masih dalam kondisi prima. Rangkai ketiga item tadi dengan menggunakan solder dan rekatkan baterai ke badan mp3 player. Terakhir, satukan/tempel baterai ke bagian belakang mp3 player. Selesai….

Semoga bermanfaat…😀

Semoga hafalanmu makin baik dan banyak, Nak…
Kalahkan kami, orang tuamu…

image

Comments
  1. apik-apaik. anaku ngapalke manual,
    ngapalke Al Ma’un iso nyasar nang Al Kafirun😀

  2. gilaroda2 says:

    josss tenan, mugi barokah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s