Dilema Fasilitas Gratis

Posted: September 23, 2014 in Sosial-Budaya
Tags: , , , ,

Gratis??? Hmm…., siapa yang tidak langsung menoleh dan tersenyum ketika mendengar kata tersebut? Terlebih lagi jika bisa memanfaatkannya kapan saja dan berulang-ulang. Nah…, jika jika ada fasilitas gratis yang awalnya bisa Anda nikmati setiap saat dan berulang-ulang, suatu ketika tidak ada lagi, ditempeli tulisan “out of order”, ditutup atau rusak…, bagaimana perasaan Anda?

Mari kita lihat fasilitas umum dan fasilitas-fasilitas lainnya di negara ini yang bisa kita nikmati secara gratis. Kebanyakan sudah rusak dan/atau tidak terawat dengan baik. Kalau toh masih bisa digunakan, sudah tidak nyaman lagi seperti sediakala. Padahal kalau ditelusuri lebih lanjut, fasilitas-fasilitas tersebut ternyata ngga’ gratis. Kita juga ikutan bayar, cuma ngga’ terasa.

Sebagai contoh, sarana yang disediakan oleh SPBU seperti; mushala, toilet, tempat mengisi air radiator dan pompa ban. Mari kita persempit lagi pada 2 fasilitas terakhir. Berapa berapa banyak yang Mas Bro dan Mbak Sis temukan dalam kondisi baik dan masih berfungsi ketika mampir isi bahan bakar di SPBU?

image

image

Bapak ini merapihkan kembali selang kompresor setelah menggunakannya

Sebagian keuntungan dari bbm yang kita beli, oleh pemilik SPBU digunakan untuk mengadakan dan merawat fasilitas-fasilitas di dalamnya yang bisa kita nikmati. Nah.., selain hak untuk menggunakan dan menikmati, adalah kewajiban kita untuk menjaga agar fasilitas tersebut bisa digunakan bila mampir lagi ke situ.

Jika suatu saat Mas Bro dan Mbak Sis menemukan sarana tersebut sudah rusak atau tidak terawat, mungkin sang pemilik sudah enggan memperbaiki karena selalu dirusak oleh konsumennya… :mrgreen:

Comments
  1. Aa Ikhwan says:

    😀

  2. at0zz says:

    nahhh itu
    terkadang orang cuma mau gratisannya aja
    tapi ga mau ngerawat
    yang simple aja, tutup kran dan gulung kembali selang setelah digunakan, kenyataanya
    sering lihat orang abis pake, selang anginnya dibiarkan begitu saja ulur uluran, begitu rusak ngomel ngomel
    yahh ini indonesia😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s