TMII Cornering…

Posted: January 31, 2014 in Otomotif
Tags: , , , , , ,

Kamis, 30 Januari 2014, rekan-rekan blogger mendapat kesempatan untuk mencoba produk baru Honda yaitu New Mega Pro FI. Dengan mengusung slogan “Cinta Indonesia”, lokasi test-ride kali ini bertempat di Taman Mini Indonesia Indah. Cocok deh…🙂 bisa mengelilingi (miniaturnya) Indonesia:mrgreen:

persiapan dan briefing sebelum test-ride

persiapan dan briefing sebelum test-ride

Ya wis, kita langsung start engine saja…. (^_^)
Setelah (punggung ini) dipasangi perlengkapan Go Pro milik Kang Taufik (TMC Blog), grup terakhir sesi test-ride mulai meluncur. Berhubung teman-teman blogger lain sudah mengulas tentang power pada unit ini secara terperinci, di sini kita bahas tentang handling-nya.
Untuk urusan akselerasi, motor dengan blok mesin yang nyaris sama dengan generasi sebelumnya ini kmphlynx nilai lumayan. Meski tidak terlalu responsif, semburan tenaga tidak banyak berkurang ketika berboncengan. Nah…, buat yang speed freak, eksplorasi putaran mesin PGM-FI ini ditahan ketika mencapai 9.500 rpm. Yup…, hard-limiter (istilah pribadi). Maksudnya limiter pada ECM motor ini memang benar-benar menahan putaran mesin agar tidak melebihi batas yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Tidak seperti Pulsar series yang menggunakan soft-limiter (hanya dengan kedipan lampu peringatan saja).

tank-flap atau shroud-nya sudah lebih motorsiawi daripada versi karbu-nya:mrgreen:

Beralih ke urusan handling. Posisi riding yang dianut motor ini tegak karena memiliki handle-bar (stang)yang agak tinggi, nyaman, ga cepat capek. Kemampuan manuver-nya patut diacungi jempol. Pasalnya, meski memiliki radius putar yang kecil, tetap bisa stabil saat di kecepatan tinggi. Tidak seperti pendahulunya, Verza. Diajak miring-miring (cornering), oke. Awalnya sempat ngga’ yakin, pas lihat voor-rider “mancing” jadi berani untuk coba cornering. Suspensinya cukup nyaman. Tingkat kekerasan suspensi yang dirasakan, agak empuk untuk front-shock dan keras untuk mono-shock belakang. Bisa dirasakan saat melibas jalan tidak rata pada kecepatan tinggi, tidak nyaman di bagian belakang. Namun beda rasanya saat kecepatan rendah dan sedang, kemampuan redam kejutnya baik. Begitupula saat berboncengan. Sepertinya disetel untuk bisa cornering.:mrgreen:
Perihal pijakan kaki, untuk posisi pengendara ada baiknya konsumen menyetel ulang tingkat ketinggian dan posisi tuas rem belakang serta tuas transmisi agar sesuai dengan postur tubuh (gear shifter) jika jadi meminang motor ini. Sementara untuk posisi boncenger, sudah pas dan nyaman.

posisi riding yang tegak dan tidak pakai fitur "ambles" foto dari: http://bonsaibiker.com/2014/01/30/test-ride-new-megapro-fi-tenyata-nggak-pake-fitur-ambles

posisi riding yang tegak dan tidak pakai fitur “ambles”
foto dari: http://bonsaibiker.com/2014/01/30/test-ride-new-megapro-fi-tenyata-nggak-pake-fitur-ambles

Tak lengkap rasanya ketika membahas soal handling kalau tidak menyinggung komponen penghenti laju kendaraan. Awalnya sempat ragu dengan kemampuan rem motor ini, karena saat mencoba menarik tuas rem depan, ko’ agak keras dan jarak mainnya cuma sedikit (dicoba saat kendaraan tidak dijalankan). Setelah mencoba keliling kawasan TMII, keraguan tadi sirna. Rem cakram pada NMP-FI terbukti mencengkram dengan baik. Begitupula saat diuji untuk rem mendadak.

Perkara top-speed, eheheheh… bukan di sini (TMII) tempatnya… Selain ada pengunjung lain, rute test-ride keliling kawasan TMII ini didominasi oleh trek pendek dan banyak tikungan. Jadi cocoknya ya, buat miring-miring:mrgreen:
Jadi…, akan seperti apakah “The Next Honda Tiger” (^_^)

Comments
  1. orong-orong says:

    wah wenaknya jadi bloger kondang bisa test motor baru geratis

  2. omocho.com says:

    lha photone mereng mereng endi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s