Perjalanan Hidup…

Posted: July 27, 2013 in Religi
Tags: , , ,

Terkadang, hidup itu lucu. Yah…, meski ngga’ lucu-lucu amat sih… Soalnya ngga’ sedikit yang perjalanan hidupnya penuh dengan air mata, sementara disekelilingnya ramai canda-tawa.

Perjuangan anak manusia dalam menggapai apa yang mereka cita-citakan, tak jarang bertemu jalan buntu atau bahkan jurang. Kalau yang berjuang lalu langsung berhasil, ngga usah diceritakan lagi. Pasti sudah pada tahu “ending”nya seperti apa. Justru yang bikin cerita itu jadi seru kalau banyak dinamika(susah)nya:mrgreen: ya, ngga’?πŸ˜›

Ibarat melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor, dari Indonesia ke Makkah misalnya, pasti lebih banyak ceritanya ketimbang yang naik pesawat.:mrgreen: Mulai dari ban bocor, kehabisan bensin, komstir oblagh, mesin ngorok, tangki bocor, barang bawaan jatuh entah di mana, rantai putus, shockbreaker ambles, aki tekor, headlamp putus, diskbrake macet, tidur di pinggir jalan, kehabisan uang/bekal, kelaparan, kehausan, jatuh karena disenggol kendaraan lain dan sebagainya.

makkah-ka'bah

Apapun boleh dan (memang sangat) bisa terjadi. Entah itu kejadian yang menyenangkan atau tidak. Yang terpenting, semangat untuk terus melanjutkan perjalanan hingga tujuan masih ada dan keyakinan hati bahwa ada Sang Maha Penolong tidak pudar. Sebab disaat rintih kesakitan, cucuran peluh dan air mata, dalam keadaan lelah tak berdaya, ada kuasa-Nya yang akan menangkat tubuh lemah ini untuk bangkit kembali.

Kembali ke hal lucunya hidup ini. Sering kita punya keinginan (yang baik) dan tak kunjung terwujud apa yang diharapkan tadi. Ingin banget masuk sekolah negeri, eh.. dapetnya masuk pesantren. Ingin banget masuk perguruan tinggi negeri, eh.. masuknya di swasta. Ingin banget kerja kantoran, eh… malah jadi pedagang. Ingin banget punya jodoh dan sudah kesana-kemari, tapi masih belum dapat.

Gagalnya usaha yang dilakukan bukan kegagalan yang sesungguhnya. Itu cuma proses yang mungkin menurut sebagian orang_termasuk saya_sakit. Capek? Pasti! Sedih? Jangan! Anggap saja itu cara lucu Allah dalam menguji hambanya (semoga kita termasuk).

Ada contoh sederhana seperti yang dialami istri Nabi Ibrahim ‘alaihi as-salaam. Di padang gersang beliau berusaha mencari air untuk putra dan dirinya. Beliau berlari bolak-balik dari bukit Shafa ke Marwah. Kala itu tentu saja tak senyaman sekarang yang dialami oleh para pelaku haji dan umrah. Upaya pencariannya tidak membuahkan hasil. Dalam lelah dan tak tahu lagi harus mencari kemana, beliau bermunajat kepada Allah dan dalam keadaan lemas dan pasrah beliau berjalan kembali menuju putranya. Setibanya di lokasi, beliau terkejut ketika menjumpai putranya. Ada pancaran air dari dalam tanah keluar tak jauh dari tubuh Ismail. Sangat sukar diterima logika. Lucu ‘kan?πŸ™‚

Kisah ini sudah banyak tersyiar dan mungkin di antara pembaca yang budiman ada yang sudah tahu atau mungkin sedang menjalani kisah yang serupaπŸ™‚ Well (niru Om Triatmono), hidup boleh jungkir balik seperti bike-crash di motoGP, usaha mentok sana-sini tetap kalem. Yang penting semangat masih ada, tubuh masih bisa bergerak, keep the faith to Allah, and carry-on.

Kalau ada yang bilang, “ya beda lah doanya orang pilihan Tuhan sama orang kayak kita-kita gini”. Jawabannya kenapa mesti beda? ‘Kan masih sama-sama manusia? Yang beda bukan bagaimana Allah menjawab dan mengabulkan doa kita. Tapi bagaimana upaya kita agar menjadi pantas dan dekat dengan-Nya sehingga doa kita Dia kabulkan… (Al-Baqarah ayat 186)

Sesungguhnya kebenaran dan yang benar datangnya dari Allah semata. Yang salah datangnya dari kealpaan diri ini…

Comments
  1. lekdjie says:

    kirain dah punya istri sampeyan om?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s