Econo-Riding Contest

Posted: October 29, 2012 in Dokumentari, Jalan-Jalan, Otomotif
Tags: , , ,

Sehari menjelang Sumpah Pemuda, Astra Honda Motor menyelenggarakan kontes adu irit konsumsi BBM. Kendaraan yang digunakan adalah All New Honda BeAT PGMFI. Acara tersebut berjalan lancar meski baru diguyur hujan dan langit berawan. Bertempat di Summarecon Mall, Serpong, rekan-rekan dari media dan blogger mempersiapkan diri untuk berlomba menjadi yang teririt.

ready, steady, go!

Setelah melakukan registrasi dan penimbangan berat badan (77,7kg euy!😳 ), para peserta lomba dibriefing  terlebih dahulu mengenai tata cara dan peraturan kontes. Untuk menjadi pemenang dalam event ini, para kontestan diwajibkan menggunakan riding gear yang telah disiapkan oleh pihak panitia. Tujuannya agar mempermudah tim juri dilapangan dalam memantau peserta, karena kontes ini dilakukan di jalan umum.

Briefing  selesai… saatnya memacu All New BeAT ini! (dengan santai:mrgreen: )

Sebelum dimulai, unit motor para kontestan diisi terlebih dahulu bahan bakarnya dengan takaran yang sudah disiapkan (metode full to full), dicatat odometernya kemudian tangki BBM dan kunci kontak disegel. Bahan Bakar yang digunakan untuk lomba ini adalah jenis Pertamax.

merusak segel, berarti membeli:mrgreen: (gugur)

Berikut ini adalah rute yang dilalui

[+ 14km dengan maksimal waktu tempuh 1,5jam, toleransi 500m]

rute lomba dengan 6 checkpoint

Setelah memasuki gerbang finish, kendaraan kami di periksa satu per satu odometer dan jumlah BBM terpakai. Sambil menunggu pengumuman, peserta dipersilahkan untuk istirahat di tempat yang sudah di sediakan oleh panitia. Sambil menunggu, mari kita cek hasil riding tadi…

gambar yang satu ini boleh nyomot dari Kang Taufik😀 , kebetulan sama konsumsi bbm-nya, 205cc

Dari gambar di samping, maka konsumsi unit nomor 13 mencapai ((1/0,205)l x 13,1km) 63,9024km/liter. Varian kecepatan berkisar pada 20-40kpj, dengan berat badan pengendara 77,7kg.

Well…, saatnya pengumuman pemenang kontes ini… dan sang juaranya adalaaah… Mas Imam Budiarjo. Peserta lainnya di-diskualifikasi semua…😆 Yap…, berhubung hanya beliau saja yang berhasil melewati 6 checkpoint yang telah ditentukan. Sementara peserta lainnya hanya melewati 5 checkpoint saja😀 . Kegagalan para peserta lainnya, besar kemungkinan, kurangnya penguasaan medan (baru pertama kali ke tempat itu):mrgreen: [alasan]

pemenang Galaxy Tab 10″

Kesalahan fatal yang dilakukan oleh rider unit no. 13 adalah memacu kendaraan terlalu pelan (harapannya sih biar bisa lebih irit). Dengan melaju di bawah kecepatan ekonomisnya (dikisaran 40kpj, konstan), bukan irit yang didapat, malah konsumsi bahan bakar sama ketika dipakai pada kecepatan tinggi (hehheehhe… maklum, ridernya naik motor kopling manual terus:mrgreen: ditambah pernah trauma naik matic😆 ). Jadi, kalau mau irit, pakailah kendaraan pada kecepatan ekonomisnya dengan konstan dan usahakan badan tetap langsing/ideal:mrgreen: tidak seperti foto rider berikut ini yang sudah mulai over-weight : P (hayah… bilang aja gemuk😆 )

170cm 77,7kg:mrgreen: paling ngga mesti ngurangin 18kg nih:mrgreen:

Oya, informasi tambahan… Salah seorang rekan kami mengalami kecelakaan dalam kontes ini😦 . Diduga tergelincir karena rute yang kami lewati masih basah dan ada tumpahan tanah merah di beberapa lintasan (lihat peta: lokasi “X” adalah TKP nya). Beliau langsung dilarikan ke rumah sakit di seputaran Kuningan, menurut salah seorang rekan blogger. Semoga lekas sembuh, Mbah Satar🙂

Comments
  1. Aa Ikhwan says:

    ajib😀

  2. 🙂 malah di diskualifikasi kabeh:mrgreen:

  3. #99 bro. says:

    kok banyak wajah di sembunyikan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s