Mencoba pelumas negeri Jiran di mesin India…

Posted: July 26, 2012 in Otomotif
Tags: , ,

Beberapa waktu lalu, Pulsar 180 kmphlynx melaksanakan ritual rutin tiap 2.000km…., ganti oliπŸ˜€ Setelah sebelumnya menggunakan Shell AX7 (seringnya sih, AX5… lebih murah:mrgreen: ), kali ini mau nyobain pabrikan negeri Jiran. Yup!!! tidak salah lagi…, Petronas.

Dulu, pingin banget njajal oli mesin buatan negara yang belakangan ini bersitegang dengan penduduk NKRI. Namun apa daya…, kala itu Petronas Synthium yang beredar di Jakarta hanya untuk R4/mobil. Nah… sekitar 2 pekan yang lalu ketika mampir di TODA Kelapa Gading untuk beli AX7, eh… kelihatan penampakan oli yang ditunggu-tunggu. Posisinya tak jauh bersebelahan dengan AX7. Heheheh…πŸ˜€ seketika itu hati ini langsung beralih memilih Petronas Synthium Moto:mrgreen:

akhirnya…, ada juga yang buat motor…πŸ˜€

Performa yang dirasakan dari oli ini cukup bagus dibandingkan yang pernah kmphlynx coba sebelumnya. Yang paling umum, suara mesin jadi lebih halus dan tarikan jadi lebih ringan. Nah, yang paling oke menurut kmphlynx, oli synthetic blend ini mempunyai angka kekentalan 15w50. Cocok buat Pulsar yang teperatur mesinnya “ngga” umum, alias puanas banget. Efeknya, oli tidak mudah menguap jika dibandingkan dengan oli ber-SAE 10w40. Ditambah lagi API Service-nya mencapai abjad SM, hmmmm… mantab untuk kelas “semi”

O ya, pada rpm tinggi, raungan mesin P180 UG3 tidak terlalu menjerit dan top speed yang berhasil di peroleh adalah 121kpj pada spido pulsar. Maap, ga ada fotonya… ga berani lepas tangan satu pada speed segitu dan kmphlynx belum punya perangkat kamera yang bisa merekam top speed…:mrgreen:

SAE dan API Service…

hmm…. seger…πŸ˜€

 

Untuk mengetahui seberapa besar penguapan yang dialami oli ini di mesin UG3 kmphlynx, nunggu limit kilometernya habis dulu, ya…

masak ga ada gambar motor bebek..???

Comments
  1. kmphlynx says:

    o ya…tempat pelaksanaan pencapaian top speed dirahasiakan…:mrgreen:😈

  2. harganya brapa om?

  3. kankkunk says:

    p180 termasuk superbike atau off road kang?:mrgreen:

  4. si Oom! says:

    emh, harganya😯
    saya masih nyaman pake enduro metik.
    oli wangi:mrgreen:

  5. speknya mantep. . . harga lumayan tinggi juga ya?

    http://sabdho.wordpress.com/2012/05/28/oli-bm-1-kayaknya-cocok-buat-pulsar-neh/

    keep brotherhood,

    salam,

  6. Amama Ali says:

    naksir juga nehπŸ˜€

  7. Jaka says:

    mantappp,, boleh dicoba nih,,

  8. acussS123 says:

    ini ester, kalo dibanding motul ester yg sekitar 100rb-an ya murah

  9. joko says:

    di sini ada deltalube 50ribuan, lumayan bagus, walau udah mencapai 4000km warna oli tetep merah bukan hitam. (beda ama oli tipu-tipu macam AHM oil)
    ada orang berpandangan oli bagus itu justru yg ahirnya hitam karena meluruhkan kotoran, tapi pendapat saya sebaliknya, yaitu tetap berwarna karena tidak menghasilkan endapan kotoran….
    dan oli jelek itu yg hitam karena menghasilkan endapan karbon dan jelaga.
    .
    kalo misalnya oli bagus adalah yg ahirnya berwarna hitam jika diTAP, knapa gak sekalian aja pake mesran yg 16ribuan… apa iya lebih bagus dari yg 50 ribuan?? heheheh…

  10. warung DOHC says:

    syntium oli larang iki πŸ˜€

  11. Dide says:

    Wow API SM licin sekali tuh

    Ada gejala selip kopling gak gan? Kan terlalu licin tuh

    • kmphlynx says:

      alhamdulillah, ga ada gejala ataupun efek selip kopling…
      malah galak di putaran atasπŸ˜€

      • Dide says:

        Speknya bagus sudah Ester pula berarti bahannya dari tumbuhan aka nabati

        cuman sy curiga ini dibuat dari kelapa sawit mereka yg ada di kalimantan timur yg kemarin ada kasus pembantaian orangutan…. heh jd ngeri dan agak mikir juga mau beli

  12. […] Mencoba pelumas negeri Jiran di mesin India… […]

  13. Faiz says:

    gan kalo p180 cocok ga ya make oli mesran super yg SAEnya 20W50?

    • kmphlynx says:

      Pernah coba, hasilnya kurang nyaman saat shift gear & high rev.
      Sekarang pakainya castrol active 20w50 untuk harian.
      Untuk jarak jauh, saya pakai shell. Dengan catatan…, bawa cadangan buat nambahin selama perjalanan. Biasanya menguap 100cc tiap (kurang-lebih) 200km.:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s